header-int

DISAMBUT BAHAGIA, RUANG BACA DIGITAL FAKULTAS SYARIAH RESMI DIBUKA

Jumat, 17 Sep 2021, 13:40:14 WIB - 228 View
Share
DISAMBUT BAHAGIA, RUANG BACA DIGITAL FAKULTAS SYARIAH RESMI DIBUKA

Tantangan dunia pendidikan di masa pandemi seperti saat ini adalah bagaimana pembelajaran tetap dilaksanakan meski penuh keterbatasan. Situasi pandemi memaksa para pemangku kebijakan di bidang pendidikan untuk berinovasi dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Teknologi menjadi solusi yang paling relevan untuk saat ini, di mana akses informasi dan komunikasi masih dapat berjalan dengan adanya teknologi.

Untuk menyiasati hal demikian, Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Achmad Siddiq (KHAS) Jember meluncurkan Ruang Baca Digital bagi dosen dan mahasiswa Fakultas Syariah. Program tersebut sudah dipersiapkan sejak akhir tahun 2020 dan sesuai rencana diresmikan pada awal tahun ajaran baru yakni pada bulan September 2021. Acara tersebut bertempat di Aula Lantai 2 Fakultas Syariah UIN KHAS Jember mulai dari pukul 10.00 sampai 11.00 WIB pada Kamis, (16/9).

Acara tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M. Ag. (Wakil Rektor I UIN KHAS Jember), Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M. Fil. I. (Dekan Fakultas Syariah), Dr. Muhammad Faisol, S.S., M.Ag (Wakil Dekan (Wadek) I Fakultas Syariah), Dr. Sri Lum’atus Sa’adah, M.H.I. (Wadek II Fakultas Syariah), Dr. Martoyo S.H.I., M.H. (Wadek III Fakultas Syariah), dan Syahrul Mulyadi, S.E., M.M. (Kabag Fakultas Syariah), Fiqru Mafar (Perpustakaan Pusat UIN KHAS) serta perwakilan mahasiswa.

Rifqi Qonita Hulwana sebagai perwakilan mahasiswa yang memberikan sambutan, mengaku sangat bangga dan bersyukur dengan luncurnya program Ruang Baca Digital ini.

"Kami perwakilan mahasiswa mengucapkan selamat atas launchingnya Ruang Baca Digital Fakultas Syariah. Kami berharap semoga program baru ini dapat berjalan dengan baik, sehingga apa yang menjadi tujuan berdirinya Ruang Baca Digital dapat terwujud," pungkas Hulwana yang juga Ketua Umum Senat Mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember tersebut.

Dr. Sri Lum'atus Sa'adah, M.H.I., sebagai Ketua Pelaksana program Ruang Baca Digital menyampaikan, Ruang baca digital ini bukan memisahkan diri dari perpustakaan pusat, namun hanya perpanjangan tangan agar mahasiswa dapat mengakses bahan bacaan dengan mudah. Akses secara digital memiliki banyak manfaat karena dapat menghemat waktu, tenaga, dan biaya, serta dapat memperoleh informasi terbaru dengan cepat.

"Semoga dengan adanya Ruang Baca Digital ini dapat membantu mahasiswa dalam proses belajar. Tidak ada lagi alasan sulit mengakses ilmu karena pandemi," ujar Dr. Lum’atus.

Di sisi lain, Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I., sebagai Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dalam sambutannya menjelaskan, tujuan dari Ruang Baca Digital ini adalah untuk mendukung kemajuan lembaga Fakultas Syariah dalam peningkatan kualitas intelektual mahasiswa.

"Ruang Baca Digital akan diisi dengan buku dan tulisan teman-teman mahasiswa juga dosen yang sebelumnya sudah terbit di jurnal lembaga lain," tutur Prof. Harisudin yang juga Ketua Umum Asosiasi Penulis dan Peneliti Islam Nusantara Seluruh Indonesia itu.

Prof. Harisudin juga menyinggung perlunya peningkatan speed dari segenap mahasiswa dan dosen agar dapat bersaing dari segi intelektualitas dengan lembaga lain.

“Dengan bersaing kita akan terdorong untuk terus berinovasi, meningkatkan pelayanan, dan bergerak dengan motivasi yang tinggi. Mungkin kita tidak bisa menyaingi UIN Jakarta dalam segi kuantitas, tapi kita bisa mengejar dengan peningkatan kualitas mahasiswa dan dosen-dosennya," tambah Prof. Haris yang juga Ketua Komisi Pengkajian, Penelitian dan Pelatihan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur.

Selanjutnya, Prof. Dr. H. Miftah Arifin, M.Ag, sebagai Wakil Rektor II UIN KHAS Jember dalam sambutannya menyampaikan, turut senang dan sangat mengapresiasi inovasi Ruang Baca Digital Fakultas Syariah.

“Di beberapa kampus lain, literatur fakultas memang sudah banyak diadakan, namun untuk lingkungan UIN KHAS Jember, baru Fakultas Syariah yang pertama. Semoga inovasi keren ini bisa dicontoh oleh fakultas lain," ujar Prof. Miftah.

 

Reporter : Arinal Haq

Editor : Erni Fitriani

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube