header-int

Diskusi Publik Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Jember Bekerjasama dengan BAZNAS Jember

Kamis, 26 Des 2019, 09:10:58 WIB - 25 View
Share
Diskusi Publik Prodi Hukum Ekonomi Syariah IAIN Jember Bekerjasama dengan BAZNAS Jember

SEMINAR BAZNAS : “BAZNAS, Kampung SDGs dan Penanggulangan Kemiskinan di Jember” Dalam Rangka Peningkatan Mutu Fakultas Syariah  IAIN Jember.

Fakultas Syariah IAIN jember kembali mengadakan kegiatan intelektual berupa Diskusi Publik dengan tema "Baznas, Kampung SDGs dan Penanggulangan Kemiskinan di Jember" dalam rangka peningkatan mutu Fakultas Syariah IAIN Jember, Jum'at 29 November 2019 di Ruang VIP Lantai 2 Fakultas Syariah.

      Acara tersebut dihadiri oleh Dekan Fakultas Syariah yang juga Guru Besar IAIN Jember, Prof. Dr. Kiai. M. Noor Harisudin serta K.H Misbahusslam, M.Pd.i, sebagai Narasumber sekaligus Ketua Baznas Jember dan hadir pula puluhan mahasiswa Fakultas Syariah.

Dalam sambutannya Prof. Kiai. Haris yang juga Director of World Moslem Studies Center Bekasi ini berharap dengan adanya kegiatan ini mahasiswa Fakultas Syariah khususnya Prodi Hukum Ekonomi Syariah dapat melakukan kegiatan semacam PPL atau kegiatan penelitian lainnya di Baznas Jember.

Dalam diskusi publik tersebut, pemateri KH. Misbahussalam, M.Pd.I menyatakan bahwa jika Amil terendah yang legal dibawah naungan baznas yang ber-SK baznas yaitu UPZ (Unit pengumpulan Zakat). “Di Kampus IAIN Jember, UPZ tersebut ditangani langsung oleh Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI). Jika dimasyarakat UPZ tersebut dijalankan dan hampir seluruh Kecamatan di Jember melakukannya kegiatan tersebut biasanya dilakukan di masjid-masjid.”Ujar Kiai Misbah tersebut.

“Banyak yang didapatkan dari hasil pembayaran zakat tersebut sebetulnya, tidak hanya sekedar menunaikan rukun Islam saja. Salah satunya membantu untuk mensejahterakan rakyat, khususnya di wilayah Kabupaten Jember.” "Bidang kemanusiaan, Sudah Sangat sering dilakukan bantuan-bantuan secara langsung oleh lembaga BAZNAS.” Tandas KH. Misbah selaku ketua BAZNAS Kabupaten Jember.

Bapak ketua BAZNAS KH. Misbah mengatakan dalam Diskusi Publik yang diadakan oleh Fakultas Syariah bahwa Berkat zakat dan infaq dapat membangun jembatan. Jadi bukan cuma APBD kabupaten yang bisa membantu infrastruktur, baznas juga bisa. Zakat dan shodaqoh itu indah dan juga bisa membangun jembatan, bukan cuma memberikan zakat dll.

Ahmad Tajudin salah satu peserta dan sekaligus Mahasiswa Fakultas Syari'ah mengatakan bahwa sangat penting peran akademik dalam pengoptimalan pengaplikasian BAZNAS dan program SDGs Karena hal tersebut yang akan menunjang kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Jember. Ujarnya

Selain itu, acara tersebut ditutup dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama (MoU) antara Fakultas Syariah IAIN Jember dengan Baznas Jember.

Reporter: Edi/Hari

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2020 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube