header-int

KUATKAN KERJA SAMA, FAKULTAS SYARIAH GANDENG FISHUM UNESA SURABAYA DAN FH UNNES SEMARANG

Jumat, 04 Jun 2021, 06:08:37 WIB - 158 View
Share
KUATKAN KERJA SAMA, FAKULTAS SYARIAH GANDENG FISHUM UNESA SURABAYA DAN FH UNNES SEMARANG

Media Center - Transformasi IAIN Jember menjadi UIN KHAS Jember yang diresmikan melalui Peraturan Presiden Nomor 44 Tahun 2021, tentunya membawa arah baru bagi Fakultas Syariah dalam menggepakkan sayapnya untuk memperluas koneksi maupun kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia.

Tepatnya pada Rabu, 2 Juni 2021, Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember telah melakukan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES). Karena situasi pandemi Covid-19 maka acara kerja sama itu berlangsung desk by desk.

Adapun yang turut dalam penandatanganan kerja sama ini adalah para dekan dari ketiga Fakultas: Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember Prof. Dr. Kiai M. Noor Harisudin, M. Fil. I., Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum UNESA Dr. Muhammad Turhan Yani, MA, Dekan Fakultas Hukum UNNES Dr. Rodiyah, S. Pd., S. H., M. Si.

Menurut keterangan dari Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember Dr. Martoyo, S.H.I., M.H., tujuan dari adanya kerjasama ini adalah untuk mempererat hubungan antara Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember dengan Fakultas Hukum UNESA Surabaya dan Fakultas Hukum UNES Semarang, meningkatkan kapasitas dan pengalaman dosen melalui penyelenggaraan kegiatan tridharma perguruan tinggi, meningkatkan pengalaman belajar bagi mahasiswa.

"Kerjasama ini akan sangat memberi peluang besar bagi mahasiswa untuk meningkatkan kapasitasnya, karena mereka mendapat kesempatan untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa dari Fakultas Hukum PTU yang berkualitas untuk pengembangan mutu akademik dan pengembangan potensi-potensi non akademik sehingga Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember menjadi fakultas yang maju," ungkap lulusan doktor Fakultas Hukum Universitas Jember tersebut.

Prof. Kiai Harisudin mendukung penuh kerja sama dengan Perguruan Tinggi Umum setelah sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi keagamaan negeri. "Alhamdulillah, setelah tahun lalu kita gencar kerjasama dengan beberapa lembaga dan PTKIN, di tahun ini kita mulai merambah pada Perguruan Tinggi Negeri seperti Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember, Fakultas Hukum Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang, dan masih banyak lagi," pungkas Prof Haris yang juga Ketua Pengurus Pusat APHTN-HAN.

Dalam rangka penyelenggaraan kampus merdeka, merdeka belajar maka fokus pada kerjasama ini diantaranya pertukaran dosen, penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat bersama, pertukaran mahasiswa, dan kegiatan akademik lainnya. Dengan begitu, sudah pasti adanya kerjasama ini menjadi salah satu langkah dalam meningkatkan mutu akademik dan non akademik Fakultas Syariah dalam mewujudkan tridharma perguruan tinggi.

"Harapannya dengan kerjasama ini, kita akan semakin kuat dalam bidang tridharma perguruan tinggi karena kerjasama adalah suatu keniscayaan sehingga tidak bisa terhindarkan. Bahkan di tahun 2022, kita sudah meng-arrange kerjasama level internasional seperti Australia, Taiwan, Mesir, dan negara lainnya dalam rangka memperkuat tiga bidang dalam tridharma perguruan tinggi itu," tambah guru besar UIN KHAS jember yang Sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum PTKIN se-Indonesia itu.

 

Reporter : Camelia Nailul Rahmah Rhusandy

Editor : Wildan Rofikil Anwar

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube