header-int

PBAK 2021, DEKAN TEKANKAN PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS SYARIAH UNTUK HABISKAN SEMUA ILMU PARA DOSEN

Sabtu, 28 Agu 2021, 09:56:37 WIB - 148 View
Share
PBAK 2021, DEKAN TEKANKAN PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS SYARIAH UNTUK HABISKAN SEMUA ILMU PARA DOSEN

Media Center- Setiap tahunnya, mahasiswa baru selalu disambut hangat oleh masing-masing kampus. Tidak terkecuali UIN KHAS Jember yang juga mengadakan penyambutan mahasiswa baru dengan nama Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Pandemi yang sedang melanda, memaksa acara PBAK 2021 dilaksanakan secara daring pada 24-27 Agustus 2021.

Pada tahun akademik 2021/2022, tercatat terdapat 636 mahasiswa baru Fakultas Syariah UIN KHAS Jember dan mengikuti kegiatan PBAK tingkat fakultas secara antusias serta dihadiri dari oleh unsur pimpinan fakultas mulai dari jajaran Dekanat, seluruh Kaprodi, hingga DEMA-Fakultas, SEMA-Fakultas, dan seluruh HMPS.

Dalam paparan materinya, Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Prof. Dr. M. Noor Harisudin, M.Fil.I. menyampaikan bahwa, mahasiswa baru sudah seharusnya bangga karena telah kuliah di fakultas syariah UIN KHAS Jember.

“Setidaknya ada 6 alasan, di situ ada alasan paling baik akreditasinya, paling inovatif, paling baik manajemennya, kemudian paling luas jaringan kerja samanya, paling lengkap sarana prasarana terlengkap terutama di fakultas syariah dan paling luas terserap alumni-alumninya,” jelasnya.

Lanjut Prof. Harisudin sapaan akrabnya, mahasiswa tidak perlu galau mengenai masa depan lulusan sarjana hukum fakultas syariah karena banyak bidang yang dapat dimasuki.

“Para alumni Fakultas Syariah sudah tersebar di seluruh Indonesia menjadi dosen, hakim, panitera, lawyer, legal drafter, mediator, TNI, Polri, DPR, penghulu, penyuluh agama, jurnalis hukum, pengusaha, KPU, dan profesi mulia lainnya” tuturnya.

Prof. Harisudin yang juga sekretaris Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Seluruh Indonesia mengingatkan kepada seluruh mahasiswa baru agar senantiasa selalu haus terhadap ilmu. Sebagaimana yang dikatakan Ibnu Atha’illah al-Iskandari dalam kitab Hikam bahwa untuk menjadi luar biasa tidak bisa dilakukan dengan usaha yang biasa-biasa saja.

“Silakan cari ilmu sebanyak-banyaknya, habiskan semua ilmu para dosen, biar dapat keberkahan dan juga dari para penulis,” pungkas Prof. Harisudin yang juga Ketua APHTN-HAN.

Sementara itu, Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Martoyo, S.H.I., M.H. menjelaskan arti pentingnya kegiatan pengenalan budaya akademik ini kepada mahasiswa baru di lingkungan Fakultas Syariah.

“Mahasiswa baru diberikan materi tentang kiat sukses belajar di PTKIN khususnya Fakultas Syariah UIN KHAS Jember agar mereka sejak awal sudah memiliki perencanaan yang baik dan akhirnya mereka sukses sebagaimana yang diimpikan,” ungkapnya.

Pria yang meraih gelar Doktoral di Fakultas Hukum Universitas Jember ini juga mengungkapkan apresiasi terhadap kepanitiaan kegiatan ini, sehingga acara ini terselenggarakan dengan sukses.

“Penyampaian materi antara sistem akademik dan sistem pembinaan kemahasiswaan itu dapat tersampaikan dengan baik kepada mahasiswa baru,” tambahnya.

Wakil Dekan III menuturkan berharap para peserta PBAK 2021 untuk bisa menyerap materi dan mengetahui bagaimana harus berproses di dunia Perguruan Tinggi terutama di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Menurutnya, perencanaan yang baik akan berbuah pada kesuksesan yang akan diraih pada masa depan.

Untuk mendukung suksesnya PBAK 2021, jajaran kepengurusan DEMA-F dan SEMA-F juga tidak ketinggalan dalam memberikan kontribusinya. Baik delegasi panitia maupun sebagai pemateri dalam acara tersebut.

“Kami diminta DEMA-I untuk mendelegasikan dua peserta untuk menjadi panitia, lalu untuk tingkat fakultas SEMA dijadikan pemateri tentang kepemimpinan,” jelas Ketua SEMA-F Fakultas Syariah Rifqi Qonita Hulwana.

Di sisi lain, dampak pemberlakuan PPKM dan keadaan pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan membuat DEMA-F sebagai salah satu panitia mengambil inisiatif untuk menggali kreativitas para mahasiswa baru dengan mewajibkan mahasiswa baru melakukan perkenalan diri dengan platform TikTok. “Jadi pihak panitia mengkonsep sebuah perkenalan lewat TikTok di mana ini menjadi daya tarik para pemuda pemudi untuk bisa memperkenalkan diri dan kampus ke khalayak umum,” ujar Beer Ali Mubarok selaku Ketua DEMA-F Fakultas Syariah.

 

Reporter: Muhaimin Afandi

Editor: Nury Khoiril Jamil

 

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube