header-int

PERMUDAH MAHASISWA BARU, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN SOSIALISASI SISTEM INFORMASI TERPADU (SISTER)

Senin, 30 Agu 2021, 12:31:52 WIB - 121 View
Share
PERMUDAH MAHASISWA BARU, FAKULTAS SYARIAH ADAKAN SOSIALISASI SISTEM INFORMASI TERPADU (SISTER)

Media Center - Sosialisasi Sistem Informasi Terpadu (SISTER) Akademik bagi mahasiswa baru Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember Tahun Akademik 2021/2022 dipandang penting. Selain dapat memperkenalkan Sistem Akademik Fakultas Syariah kepada mahasiswa baru, sosialisasi SISTER kali ini juga dapat mempererat hubungan mahasiswa baru dengan keluarga besar Fakultas Syariah. Acara ini dilaksanakan Pukul 08.00 WIB hingga ham 12.30 melalui media Zoom Meeting pada hari Sabtu (28/8/21).

Adapun narasumber sosialisasi Sistem Informasi Terpadu (SISTER) Akademik kali ini adalah Dr. Muhammad Faisol, M.Ag., (Wakil Dekan 1 Fakultas Syariah), Sahrul Mulyadi, S.E., M.M., (Kabag TU Fakultas Syariah), dan Adi Sulistiono, S.Kom., (pengelola Teknologi Informasi dan Pangkalan Data) Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember. Ketua SEMA-F Fakultas Syariah Rifqi Qonita Hulwana sendiri bertindak sebagai moderator.  

Apresiasi diberikan oleh Dr. Martoyo, S.H.I., M.H, Wakil Dekan Tiga Fakultas Syariah. Dalam sambutannya, Dr Martoyo menyampaikan bahwa pelaksanaan sosialisasi Sistem Informasi Terpadu (SISTER) Akademik pada mahasiswa baru sebagai ikhtiar untuk memberikan pemahaman tentang sistem layanan administrasi akademik bagi mahasiswa baru.

“Acara ini sangat spesial karena merupakan upaya atau ikhtiar Civitas Akademika Fakultas Syariah memberikan pemahaman seutuhnya tentang sistem layanan administrasi akademik terintegrasi. Kami berharap akan mempermudah mahasiswa terlayani dengan baik, serta memahamkan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan sistem perkuliahan,” tutur Dr. Martoyo, S.H.I., M.H dalam sambutannya.

Wakil Dekan Tiga tersebut juga menjelaskan terkait kode etik yang penting dimiliki oleh seorang mahasiswa.

“Kode etik sangat penting dimiliki oleh mahasiswa karena memiliki satu tujuan yaitu tercapainya suasana yang kondusif bagi terlaksananya tridharma perguruan tinggi baik dalam proses belajar di kelas dan melakukan penelitian di tengah-tengah masyarakat,” tambahnya.

Dr. Muhammad Faisol, M.Ag, narasumber acara tersebut menekankan bahwa sosialisasi SISTER bagi mahasiswa baru sangatlah penting dilakukan untuk mengenalkan platform administrasi akademik terintegrasi yang digunakan dalam proses perkuliahan secara online oleh Fakultas Syariah.

“Kegiatan ini sangat penting dan perlu dilaksanakan guna mengenalkan Sister bagi mahasiswa baru. Karena mereka belum mengenal sama sekali platform yang digunakan sebagai media yang membantu proses perkuliahan secara daring ini. Sehingga dengan demikian, para mahasiswa baru tidak perlu beradaptasi terlalu lama apalagi perkuliahan buat mereka akan segera dimulai,” ujar Dr. Muhammad Faisol, M.Ag. yang juga Wakil Dekan Satu Fakultas Syariah.

Dalam memberikan pelayanan yang maksimal, Sivitas Akademika Fakultas Syariah selalu melakukan yang terbaik untuk melancarkan proses kegiatan belajar mengajar khususnya pada saat pelaksanaan pembelajaran secara online. Sahrul Mulyadi, SE., MM sebagai narasumber kedua menyampaikan dalam materinya bahwa civitas akademika terus berusaha melakukan pelayanan prima sehingga pengguna SISTER menjadi puas dan cepat dalam mendapatkan informasi.

“Kami melayani bidang administrasi yang menunjang kegiatan proses belajar mengajar untuk melaksanakan tridharma perguruan tinggi bagi civitas akademika dengan selalu berusaha melayani secara prima sebagai upaya yang kami lakukan sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan lancar, berhasil lancar sukses, dan terutama bagi penggunanya menjadi puas terhadap pelayanan yang kami lakukan,” ucap Sahrul Mulyadi, SE., MM tersebut.

Demi menambah pemahaman mahasiswa baru untuk mengakses atau menggunakan SISTER Adi Sulistiono, S.Kom sebagai narasumber terakhir dalam materinya menjelaskan tentang SISTER serta menampilkan proses menggunakan SISTER mulai dari login, melihat jadwal pekuliahan, status semester, hingga pengecekan Kartu Hasil Studi (KHS) dan mendownload atau mencetak sendiri transkip nilai yang telah ditempuh sehingga tidak perlu menemui operator Fakultas secara langsung.

“SISTER itu sebenarnya adalah sebuah aplikasi berbasis web yang bisa diakses atau dibuka dalam perangkat melalui web brouser, dengan menggunakan alamat SISTER sendiri yaitu http://sister.iain-jember.ac.id. Untuk proses loginnya mahasiswa dapat memasukkan Nomor Identitas Mahasiswa (NIM) sebagai akun pengguna dan kata sandi default menggunakan tanggal lahir mahasiswa yang dimulai dari Tahun-Bulan-hari,” ujar Adi Sulistiono, S.Kom seraya menampilkan proses menggunakan SISTER

 

Reporter : Wahed Zaini

Editor : Wildan Rofikil Anwar

Unidha Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.
Sebagai Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri terkemuka di wilayah tapalkuda, IAIN Jember terus berbenah untuk menjadi Universitas Islam Negeri pertama di wilayah tapalkuda. Berbagai sarana dan prasana pendidikan , Mahad dan Gedung Dosen yang megah telah telah di resmikan oleh Menteri Agama RI di awal tahun 2017
© 2021 INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER Follow INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI JEMBER : Facebook Twitter Linked Youtube